Breaking News

Jumat, 18 Juli 2014

Rataya: Perjuangan Untuk Kaum Wanita Hindu Tak Harus di Parlemen

Dok. balimeter.com
balimeter.com – Ketua Umum Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI), Ir. Rataya B. Kentjanawathy baru-baru ini menyampaikan, kiprahnya dalam memperjuangkan kaum perempuan Hindu tak pernah pudar. Perjuangan tersebut dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Perjuangan dapat dilakukan bersama-sama dalam wadah organisasi maupun oleh individu-individu yang peduli terhadap wanita, khususnya wanita Hindu. Perjuangan dapat dilakukan melalui parlemen maupun di luar parlemen.

Ir. Rataya B. Kentjanawathy adalah salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) daerah pemilihan Provinsi Bali yang telah berkontestasi dalam Pemilu legislatif 2014. Namun, sayang Ir. Rataya B. Kentjanawathy belum mendapat keberuntungan melenggang ke Senayan. Meski belum terpilih sebagai anggota DPD, Ir. Rataya tetap berkomitmen untuk berjuang bagi kemajuan masyarakat Bali, khususnya untuk kaum perempuan.

“Sebelumnya saya mencalonkan diri sebagai anggota DPD dengan tujuan agar lebih mudah menggaungkan kepentingan wanita Hindu di tingkat pusat. Tetapi, oleh karena untuk menuju ke sana harus melewati proses politik, maka jalannya menjadi sedikit rumit. Rumus Politik selalu mengacu pada tingkat popularitas dan elektabilitas. Sebaik dan seideal apapun visi dan misi yang kita tawarkan tidak langsung menjamin kita akan dipilih. Namun, kita tetap menghormati apa pun kehendak rakyat melalui proses demokrasi yang baik,” tutur istri Mayjen (purn.) TNI Sang Nyoman Suwisma ini lantang.

Rataya juga berharap, ke depan kaum perempuan Bali yang terjun di dunia politik harus bisa lebih maksimal lagi agar tingkat popularitas dan eletabilitasnya tidak kalah dengan kaum pria. Rataya akan tetap memberikan motivasi dan dukungan kepada politisi perempuan. Rataya menganggap, hanya wakil rakyat perempuan yang dapat memahami sepenuhnya, apa yang menjadi kebutuhan dan aspirasi kaum perempuan itu sendiri.

“Saya sendiri bukannya kapok terjun di dunia politik. Tetapi, lebih baik saya mendorong adik-adik politisi perempuan muda untuk merebut kesempatan. Sekarang saya lebih fokus mengurus WHDI, terutama membantu menguatkan beberapa WHDI daerah yang baru terbentuk,” ungkap Rataya. (Df)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates